Tedy dalam tulisan

Ikon

Menulis, Menulis dan Menulislah. Sungguh Tuhan itu Maha Penerbit

Nuklir, apa itu?

Ngeri, dan takut. Itulah bayangan seseorang ketika mendengar kata “Nuklir”. Kata – kata ini seakan – akan menjadi sebuah momok bagi masyarakat awam, setidaknya masyarakat awam di Indonesia. Ini wajar, mungkin disebabkan ketidaktahuan mereka dengan apa itu Nuklir? Ini tercermin dalam sebuat poling di sebuah situs, ternyata masih saja ada orang yang tidak setuju dengan didirikannya PLTN di Indonesia.

Namun hal yang berbeda saya temui saya mengunjungi situs www.infonuklir.com , poling disana menunjukkan bahwa mayoritas responden setuju dengan adanya PLTN, Jadi saya beranggapan ketakutan sebagian besar masyarakat adalah karena faktor ketidaktahuan mereka tentang apa itu Nuklir, apa itu PLTN.

Jadi apa sih Energi Nuklir itu?

Energi Nuklir adalah Energi yang dihasilkan dari perpecahan dua inti atom yang tidak stabil memecah menjadi dua inti atom yang lebih kecil. Akibat dari reaksi ini adalah dilepaskan sinar gamma dalam bentuk energi panas (dikenal dengan istilah reaksi fisi ). Lalu bagaimana agar inti atom tersebut dapat bereaksi sehingga memecah menjadi dua inti atom yang lebih kecil? Tentu Reaksi Nuklir tidak akan terjadi jika tidak ada yang memicu reaksi tersebut. Artinya reaksi nuklir tidak terjadi secara spontan. Namun terlebih merupakan sebuah reaksi dari aksi yang dilakukan pada atom tersebut (dalam hal ini Uranium). Mengapa uranium? Karena uranium merupakan salah satu atom terberat. Dengan kata lain, terdapat banyak proton dan netron di dalam inti atomnya.

Nuklir, energi yang ramah lingkungan

Seperti yang penulis jelaskan, bahwa inti atom tidak dapat meluruh dengan sendirinya tanpa ada penyebab luar. Kenapa? Karena inti atom ini terikat oleh gaya, yang merupakan gaya terkuat dalam alam semesta atau dikenal dengan istilah “Gaya Nuklir Kuat”. Agar reaksi nuklir dapat terjadi (yang dimaksudkan disini adalah reaksi fisi) maka kita harus menembakkan sebuah netron berkecepatan tinggi pada uranium. Setelah Netron diserap inti uranium, hasilnya menarik, inti atom menjadi tidak stabil. Mengapa tidak stabil? karena Jumlah netron dan proton terdapat selisih sehingga struktur inti menjadi tidak lagi stabil, karena itu inti atom berusaha untuk menstabilkan dirinya – yang sudah tidak stabil- dengan cara pembelahan menjadi fragmen dan dengan memancarkan energi. dengan pengaruh energi yang dilepaskan, inti atom tersebut pun mulai mengeluarkan komponen-komponen yang dimilikinya dengan kecepatan tinggi, termasuk partikel netron berkecepatan tinggi yang akhirnya menabrak inti Uranium tetangganya :) . Akhirnya reaksi berantaipun dimulai sehingga energi yang dilepaskanpun akan semakin besar.

Untungnya netron yang tidak terikat pada inti atom ini rawan terhadap peluruhan yang disebut “disintegrasi beta” Sehingga netron semacam ini (yang menyebabkan reaksi nuklir) tidak kita temui di alam. Jika tidak, tentu bumi ini akan menjadi planet yang tidak berpenghuni, yang dipenuhi dengan reaksi berantai.

Kita harus bersyukur bahwa Allah menciptakan atom lengkap dengan kekuatan dahsyat di dalamnya dan menjaga kekuatan ini terkendali secara menakjubkan.

PLTN dan Keuntungannya

Reaksi semacam inilah yang terdapat dalam PLTN, reaksi ini dilakukan di dalam sebuah reaktor yang di desain sedemikian rupa, dan reaksi yang dilakukanpun penuh dengan perhitungan – perhitungan tinggi dan mempertimbangkan setiap kemungkinan. Apakah keuntungan PLTN dibandingkan sumber energi alternatif lainnya? PLTN adalah energi yang ramah lingkungan tentunya apabila di bandingkan dengan bahan bakar fosil. Energi Nuklir yang merupakan alternatif dari energi fosil tidak mencemari udara. PLTN tidak menghasilkan karbondioksida, sulfur dioksida, nitrogen oksida, tidak seperti energi lainnya seperti batu bara, gas, dan minyak bumi yang menghasilkan produk sisa. Semua produk sisa ini tidak hanya berbahaya bagi manusia, tapi juga bagi lingkungan. Karbondioksida adalah gas rumah kaca yang ikut memberikan andil terhadap pemanasan global dan penipisan lapisan ozon. Sulfur dioksida bisa menyebabkan iritasi paru – paru sedangkan nitrogen oksida dapat menyebabkan exasperate asthmatic conditions. Nitrogen Oksida juga dapat menyebabkan hujan asam yang berbahaya bagi lingkungan ketika gas ini berada di atmosfir.

Sebagai tambahan PLTU Batubara dengan kapasitas 1.000MWe ternyata menimbulkan radiasi ke lingkungan 100 kali lebih besar dibanding PLTN dengan daya yang sama dan patut diketahui bila pembakaran batubara diseluruh dunia telah menghasilkan limbah radioaktif Uranium dan Thorium sebesar 37.000 ton setiap tahunnya, dimana 7.300 ton diantaranya berasal dari PLTU di Amerika Serikat. Desain PLTU pun- tidak seperti PLTN – tidak dirancang untuk menangani limbah radioaktif semacam ini :(

PLTU Yang Turut andil dalam Polusi Udara dan Pemanasan Global, Langit tidak lagi biru dalam gambar ini, karena begitu penuhnya asap polutan yang dikeluarkan oleh cerobong asapnya.
San Fransisco (atas) , Air Laut Naik sampai 2,25 meter akibat Global Warming, sedangkan di New York City (bawah) lebih parah lagi air laut naik 3 sampai 5 meter

Sebuah keluarga sedang berekreasi di sebuah pantai di Kenting Cina, Yang merupakan kawasan PLTN (belakang). Ini menunjukkan bahwa PLTN aman bagi lingkungan dan masyarakat, sehingga tidak ada kekuatiran keluarga ini untuk berekreasi di daerah PLTN. Hal ini yang tidak kita temukan pada PLTU

Tidak seperti PLTU – meskipun PLTN juga menghasilkan limbah, namun limbah ini ditangani dengan baik dan tidak dibuang ke lingkungan sehingga tidak menimbulkan ancaman bagi lingkungan. Limbah radioaktif yang dihasilkan PLTN terdiri dari dua jenis yaitu limbah tingkat tinggi dan limbah tingkat rendah. Untuk Limbah tingkat tinggi, limbah ini dapat dapat digunakan kembali untuk bahan bakar PLTN sehingga mampu untuk membangkitkan listrik.

Energi Nuklir adalah energi yang murah untuk dihasilkan, ini membuatnya menjadi energi alternatif yang luar biasa. Bisa dibayangkan, satu gram uranium saja mampu menghasilkan energi listrik yang setara dengan satu ton batu bara. Mungkin biaya yang relatif mahal dalam energi nuklir adalah dalam hal konstruksi dari PLTN. Namun ketika PLTN sudah dibangun maka dapat dirasakan bahwa ternyata PLTN merupakan pembangkit listrik yang paling ekonomis. Ini dikarenakan biaya pengoperasian dan bahan bakarnya jauh lebih murah dibandingkan dengan biaya sumber energi lainnya.

Begitulah Nuklir, karena ketidaktahuan kita ditambah dengan berita – berita miring seputarnya membuat kita menyalahpahami apa itu Nuklir. Semoga tulisan saya yang sedikit ini, mampu menambah wacana kita tentang energi alternatif masa depan yang tidak mungkin lagi bisa kita hindari.

About these ads

Filed under: Fisika, Sains dan Teknologi, , , , , , , ,

45 Responses

  1. Fetty mengatakan:

    Disini saya hanya ingin menambahkan bahwa segala yang ada di alam ini memancarkan radiasi. Bahkan tembok, yang sekalipun diam … memancarkan radiasi, walaupun intensitasnya kecil.
    Saya hanya ingin menekankan bahwa radiasi bukanlah suatu momok yang harus ditakuti, karena tubuh kita sendiripun juga memancarkan radiasi….
    Jika radiasi dijadikan alasan untuk menggagalkan rencana pembangunan PLTN, maka takutilah tubuh kita terlebih dahulu…
    Saya pernah menghadiri sebuah seminar tentang PLTN, pembicaranya membawa alat untuk mengukur intensitas radiasi. Dalam seminar itu, diperagakan bagaimana mengukur tingkat radiasi dengan berbagai macam bahan, di antaranya sumber radiasi dan jam tangan. Dalam alat tersebut menunjukkan intensitas radiasi untuk arloji lebih besar bila di bandingkan dengan sumber radio aktivitas…
    Dengan adanya contoh di atas, saya yakin bila suatu hari nanti nuklir akan disanjung-sanjung, terlebih lagi dengan semakin menipisnya bahan bakar utama saat ini….
    Bukankah semua yang diciptakan Allah di muka bumi ini bermanfaat????
    Kalo saya melogika-nya saya akan mengatakan, “Kotoran HEWAN saja bermanfaat, apalagi nuklir”
    Bener nggak tuch…

  2. Fifit Sari Nur Alam mengatakan:

    Mendengar Energi Nuklir, maka yang terbayang adalah energi masa depan. banyak orang yang takut dengan energi nuklir karena mereka belum tahu banyak manfaatnya. yang terpikirkan hanya akibat dari nuklir adalah kehancuran sedasyat chernobyl (kalau gak salah nulis), Hirosima dan Nagasaki. Sepertinya perlu sosialisasi manfaat nuklir pada masyarakat luas. Bila ditangani secara profesional dan amanah insya4JJI banyak manfaatnya.
    Iya betul teh Fetty …..kalau berbicara radiasi ternyata badan kita juga memancarkan radiasi.

  3. josh bush mengatakan:

    Dh,

    sekarang NKRI udah kerepotan dengan harga minyak dunia yang makin naik dan terbang.
    saatnya yang pintar dari golongan pemuda menjadi pionir untuk konversi bahan bakar alternatif.
    ingat, jaman revolusi dulu di Indonesia anak muda-lah yang jadi terdepan.

    salam

  4. Tedy mengatakan:

    @fifit
    yupz tentu Allah tidak akan menciptakan sesuatu itu sia- sia…namun pasti ada hikmah yang dapat diambil di dalamnya

    dalam menilai sesuatu kita harus objektif dan tidak boleh melihat sesuatu dari satu bagian saja

    @josbush
    yupz
    sekarang saatnya indonesia bangkit
    lets Go nuclear!! :)

  5. tata50 mengatakan:

    mM,, sbenarnya kL dbangun dengn melibatkan ‘semestinya’,, boleh2 aja. hanya saja, u know la indonesia. korupt. isolator dari reaktor yg seharusnya tebal 10 cm paling2 ‘disunat’ jd 2 cm [efisiensi biaya], trus uraniumnya impor [indonesia, bagian mana yg ga pernah impor],, he,, he,, skeptis bt pembangunan rekator nuklir 10 tahun ini ;p

  6. Tedy mengatakan:

    bener sekali bang
    tapi yang perlu diingat setiap pembangunan instalasi nuklir itu harus memenuhi standar internasional…alias atas sepengawasan lembaga internasional dalam hal ini IAEA…

    kemudian saya dengan nanti proyek konstruksi PLTN akan diserahkan oleh konstruktor asal Luar negeri…

  7. yapi mengatakan:

    kalo ga pltn apalagi donk, pltn tec yg skrng cocok buatb saat ini , dan tak apa bila masa depan pltn pengsiun tapi sekarang kita sedang membutuhkan ny

  8. Tedy mengatakan:

    benar mas yapi..kali ini kebutuhan ttg energi sudah sangat mendesak
    dan harus segera diatasi…

  9. Riadi mengatakan:

    menurut saya kalaupun sudah sangat terdesak dibangun pltn. sebaiknya jangan tanggung2, sebab pltn yang akan dibangun di Indonesia adalah pltn generasi ketiga. biarpun pltn ini sudah dikategorikan aman, tetapi sekarang sudah ada pltn generasi keempat. Bahan bakar pltn ini mengunakan sisa2 reaksi fisi dari reaktor konvensional, sehinga bukan hanya menghasilkan energi, tetapi juga dapat menambah devisa dengan menerima limbah nuklir dari negara2 lain. biarpun harga reaktor jenis ini lebih mahal 2 kali lipat yaitu sekitar 135 triliun, tetapi dalam jangka panjang ini akan lebih menguntungkan.

  10. Tedy mengatakan:

    bener sekali mas…kita dukung bersama pembangunan PLTN di negara ini..sebagai pengaman kebutuhan listrik negara kita…yang tentu lebih bersih dari pembangkit listrik konvesional

  11. Guntur mengatakan:

    HIDUP NUKLIR!!!!!!!

  12. Tedy mengatakan:

    hidup guntur!!

  13. [...] Nuklir, apa itu? Posted in Energi Alternatif, Fisika, Sains dan Teknologi. Tag:BATAN, batu bara, Fisika, Nuklir, [...]

  14. irfan mengatakan:

    Saya lebih setuju kalau pembangkit listrik dialikhkan
    ke yang lebih ramah lingkungan selain nuklir, saya
    lebih condong ke tenaga angin ( seperti yang telah
    dilakukan negara Jerman ) mungkin nilai invesnya
    lebih mahal tetapi sedikitpun tidak ada limbah yg
    dihasilkan dan tidak ada rasa khawatir ada adanya
    kebocoran bahan radioaktif dan bumi akan tetap
    hijau ……………. bagaimana ?

  15. Tedy mengatakan:

    @irfan
    bukannya sedikit mahal….tapu muahaal :lol:
    lagian indonesia bukan negara yang kaya angin seperti di belanda
    jadi pasti listrik yang dihasilkannya pun pasti musiman

    investor mana yang mau modalnya kagak balik2 :lol:

    wah mas…mbok sebelum komen baca dulu tulisan saya
    justru PLTN itu mendukung bumi tetep hijau

  16. eshape mengatakan:

    aku ingin berkomentar, tapi kompetensiku tidak mengijinkan, jadi ya hanya bisa berdoa, semoga para pemikir dan penguasa di bumi ini dapat bersinergi untuk menghasilkan keputusan terbaik.

    Insya Allah.
    Amin.

    Salam

    eshape

    http://eshape.wordpress.com/

  17. andri mengatakan:

    ( O , O )
    |_()_____()_|

  18. andri mengatakan:

    ( [] [] )_____
    |_()______()_|

  19. [...] Comment! Oleh: Tedy Tri Saputro*) Tedy Dalam Tulisan http://kliktedy.wordpress.com [...]

  20. Faza Fikar mengatakan:

    Semoga nuklir ini bermanfaat bagi kehidupan manusia.

  21. Ilham Z 06033 mengatakan:

    Posisi saya sekarang berada di provinsi kalimantan timur kabupaten kutai timur yang merupakan wilayah eksplorasi pertambangan batu bara terbesar di indonesia, dan saya terlibat dalam proyek itu sebagai pekerja berjabatan rendahan, hari demi hari selama 24 jam saya telah banyak melihat dampak negativ dari operasi pertambangan itu terhadap lingkungan dan para pekerja..
    Permukaan tanah dan strukturnya rusak akibat penggalian dan blasting yang belum tentu bisa dikembalikan(rehab) secara total,pemakaian diesel fuel yang menggila dan para pekerja yang kesehatannya tampak terkontaminasi debu Over Burden dan Coal terlihat tidak sehat menjalani kesehariannya yang cukup berat…
    Sedangkan kutai timur sendiri krisis energi listrik…
    Intinya adalah jika ada energi yang lebih baik mengapa tidak di coba saja…
    Semoga energi Uranium bisa di manfaatkan dengan baik dan benar…

  22. Abd.Majid.B mengatakan:

    saya rasa energi nuglir lebih cepat lebih bagus di jadikan tenaga pembangkit listrik…………kan sumber kita banyak tu di freeport….uranium sudh di temukan di sana…………

  23. jefry mengatakan:

    apakah anda smua percaya..bahwa di indonesia mengandung nuklir???
    disalah stu pulau di indonesia ada yg menghasilkn pertambangn bahan nuklir???

    hanya sja indonesia tidk tau cra merwatnya….

  24. ricdab mengatakan:

    PLTN terlalu berbahaya jika di bangun di indonesia. sumpama reaktor yg seharusnya 20cm bisa-bisa di sunat jadi 10cm supaya bisa hemat dana dan sisa dananya masuk ke kantong para pejabat..
    ngatasin LPG 3kg dan lumpur lapindo aja belum bisa.. mau bangun PLTN yg jelas-jelas resikonya sangat tinggi.
    masih banyak alternatif lain yang lebih aman.

  25. Azhry mengatakan:

    wah tapi sekarang nuklir lagi berbahaya dijepang..

  26. kang mahmud mengatakan:

    PADA DASARNYA GAG MASALAH TAPI INGAT !!!!!!!!!!!!!
    PEJABAT INDONESIA BAMYAK YANG BELUM SIAP MORALNYA.MORALNYA MASIH BANYAK YANG BEJAD.MISAL
    TABUNG YANG MENGGUNAKAN ALUMUNIUN SETEBAL 25 CM NANTINYA AKAN DI SUNAT HANYA SETEBAL 10 CM, YANG 15 CM DI KORUP PEJABAT,DAH MENDIANGAN GAG USAH ..STOP..NUKLIR DI INDONESIA
    _____
    Tedy : seandainya demikian, tentu 3 reaktor nuklir di indonesia sudah dari dulu bermasalah..
    tapi nyatanya tidak kan?
    kenapa? karena masalah keselamatan nuklir tidak hanya diawasi oleh oleh lembaga pengawas dalam negeri ( karena mungkin masih masuk akal, kalo badan pengawas dari dalam negeri bisa disuap) tapi ini juga melibatkan pengawasan dari IAEA ( badan atom internasional, dari perwakilan seluruh negara, bagaimana anda menyuapnya?)
    setiap proses, pembangunan mulai dari pemilihan lokasi, konstruksi hingga dekomisioning harus mendapat persetujuan dan inspeksi (pengawasan) iAEA..jadi ga mungkin bisa ada sunat menyunat yang anda bilang…karena seperti yang saya bilang,.IAEA turut dalam pengawasannya…dan IAEA tidak akan mau ambil resiko menyetujui sebuah bangunan yang tidak sesuai dengan standarnya (karena bila terjadi sesuatu, IAEA yag akan dipersalahkan
    ) :)

  27. dre.andre mengatakan:

    ap ada energi alternatif slaen nuklir.,.?

  28. mamat.bakso mengatakan:

    tuan2 & nyonya yang pinter2, tolong kita2 yg gak ngerti nuklir ini diberi penjelasan mengenai pltn fukushima daichi jepang yang mau meleduk gara gara gempa & tsunami, dan semua orang2, negara2 disekitarnya pada panik bagaimana cara agar tidak kena radiasinya, kalo pltn tidak bahaya mengapa mereka panik luar biasa ??????

    kalo seumpama yg mau meledak itu pltu apa kepanikan mereka sama seperti pltn ????????…..

    kalo ini terjadi di indonesia yg kita sayangi, kita cintai, kita banggaaaaakan ini, tuan2 & nyonya2 apa masih brani berkomen seperti tulisan anda diatas ??????

  29. Ni mengatakan:

    Wah mengerikan kalo masa depan kita pake tenaga nuklir bisa bisa bencana buatan tangan manusia sendiri,lihatlah chernobyl sampai sekarang kotanya mati dan banyak anak anak menjadi korban dengan mengidap kanker,apakah dengan mengorbankan nasib manusia kita bisa berjaya di masa depan? klik info ini ya man teman dan klik juga di mbah google potret2 orang2 yang kena dampak chernobyl,mengerikan

    http://www.inilah.com/read/detail/1322862/tragedi-chernobyl-bencana-nuklir-terbesar-dunia

    _________

    http://kliktedy.wordpress.com/2008/12/22/mengapa-terjadi-tragedi-chernobyl-bagian-1/

    http://kliktedy.wordpress.com/2008/12/31/belajar-dari-chernobyl-bagian-2/

    http://kliktedy.wordpress.com/2009/02/18/belajar-dari-chernobyl-bagian-3/

  30. Ratriana Aminy mengatakan:

    tetapi untuk penempatan PLTN di indonesia perlu pikir 10 kali,karena di INDONESIA RAWAN GEMPA. dan melihat kejadian gempa di Jepang yang menyebabkan radiasi karena terjadi kebocoran,, sangat membahayakan,, untuk itu perlu desain rancangan PLTN yang lebih diperhitungkan, agar tidak terjadi hal yang demikian.. :)

    _________
    Tedy : memang, dalam pemilihan tapak. harus dikaji dengan seksama, dan itu harus mendapatkan persetujuan IAEA…
    mengenai kejadian gempa jepang, PLTN fukushima, lebih diakibatkan karena Tsunami,bukan gempanya..jadi kedepannya, mungkin perlu didisain tembok/pelindung pemecah gelombang di sekitar PLTN,,

  31. GK SE7 NUKLIR mengatakan:

    WIS YEN DO AREP NGGAWE NULIR MENDING MATI SEK WAE…. DARI PADA KENO RADIOAKTIF

    __________
    Tedy : ya berarti mas GK S7 NUKLIR harusnya sudah bunuh diri semenjak dilahirkan..
    karena dari awal lahir mas GK S7 NUKLIR sudah terpapar radioaktif, mulai dari radiasi kosmis, matahari, dan hingga radiasi untuk diagnosa seperti X ray dan CT SCAN…bahkan makanan yang mas GAK S7 NUKLIR…
    secara alami sudah memancarkan radiasi nuklir dalam jumlah tertentu..seperti pisang yang merupakan pemancar alami sinar gamma…meskipun dalam tingkat yang renda
    h :)

  32. GK SE7 NUKLIR mengatakan:

    NUKLIR MENAKUTKAN

    ____
    Tedy : Takut karena belum tahu ;)

  33. yuwono trisunu mengatakan:

    assalamu’alaikum. Thank’s mas Tedy atas aertikel tentang NUKLIR….it is good joob
    _________
    Tedy : Alhamdulillah mas bisa bermanfaat
    Terimakasih Mas, skedar ini yang saya bisa :)

  34. Darwin mengatakan:

    Untuk menghindari terjadinya kecelakaan pada fasilitas nuklir seperti yang terjadi di Jepang yg diakibatkan oleh gempa,mengapa tidak dipikirkan untuk membangun fasilitas nuklir melayang,bangun aja di angkasa trus tarik kabel ke bumi buat ngalirin listriknya,memang mahal di awalnya,tapi minim resiko,anti gempa….

    __________
    Tedy
    : Untuk sekarang tidak mungkin mas :)

  35. [...] SUMBER ASLI DARI : http://kliktedy.wordpress.com/2008/01/19/42/ [...]

  36. Julio Eiffelt R R mengatakan:

    menurut saya, dengan menggunakan nuklir itu menghasilkan banyak energi listrik dari pada sumber pembangkit listrik lainnya. saya tidak sepakat bahwa nuklir itu berbahaya bagi lingkungan. hal ini didukung oleh WWF tentang renewable energy bahwa nuklir sangat berbahaya bagi lingkungan selain terhadap adanya emisi gas rumah kaca yang berbahaya terhadap atmosfer dan juga limbah yang tidak bisa terurai. beberapa negara seperti jerman, sepakat mengambil langkah untuk menutup reaktor dan beripndah kepada sumber energi yang ramah lingkungan seperti gas, panas bumi, ombak, angin dan juga negara norwegia berencana untuk menimbun limbah didalam ruangan yang berada di dalam tanah, yang dilapisi dengan logam berat. tak itu saja, limbah ini juga mampu bertahan selama ratusan tahun. mungkin untuk pembangkit listrik saya lebih memilih kepada sumber yang tak habis dan juga ramah lingkungan. begitu menurut saya.

    ______________
    Tedy: 1. PLTN tidak memiliki keterkaitan dengan efek rumah kaca, karena memang PLTN tidak menghasilkan emisi berupa COx NOx sama sekali
    2. masalah PLTN bukan melulu masalah energi, tapi juga masalah politik, sebagaiman terjadi di jerman,
    3. Renewable energi seperti panas bumi, angin, sangat bagus, dan patut dikembangkan, namun untuk jangka pendek ini belum bisa digunakan sebagai base load
    4. Penanganan limbah dari tahun ke tahun akan semakin maju, dengan nanti ditemukan reaktor pembiak cepat, limbah nuklir bisa digunakan lagi menjadi bahan bakar nuklir
    5. Segala alternatif energi harus diberdayakan, termasuk nuklir :)

  37. siti muflihatun nisa mengatakan:

    apakah pengertian nuklir itu?
    saya sm skl tdk th munggkin ada yang bs menjawab
    sy tdk th krn sy msh keciill!

    ________
    Tedy: pertanyaan mbak siti ambigu :)
    silahkan baca di sini mbak

  38. mas eko mengatakan:

    mas tedy sepertiny sangat berkompeten dalam bidang nuklir… segala komentar dapat dijawab seolah mas tedi lah yang membuat reaktor nuklir tsb. apa jangan2,,antara komentar dan jawaban hanya “tong kosong” alias ucapan tidak berdasar. hati2 mas… klo suatu saat ada yang salah dengan apa yang anda kemukakan… lebih baik mas tedi menanggapi komenta dengan lebih bijak dan ga usah berlebihan. terimakasih. mohon maaf sebelumhya.

    —-
    Tedy: ya, saya menjawab karena saya belajar tentang ini mas.. :)
    silahkan main2 ke kampus kami.. :)

  39. malia mengatakan:

    kayaknya menarik nih dijdiin tem pidato bhs Jepng tingkt SMA saya :D ggod job! and thx..

  40. Fie mengatakan:

    Sbener’a indonesia kya dgn smber energi alternatif yg ramah lingkungan ex:air terjun.Tp pmanfaatan’a yg krg maksimal.Knp hrz nuklir???qt jgn latah dgn negara2 lain yg pke cz mrk g pnya potensi energi yg lain.Pnanganan nuklir yg bnar mgkn tdk akan prnh mrugikn byk org tp qt jg hrz memikirkn resiko bencana alam.Slain itu limbah nuklir sgd bBhaya&mbutuhkn wkt pluruhan yg lama.

    ___________________
    Tedy : 1.Indonesia kaya sumber energi alternatif, termasuk nuklir
    2. kenapa nuklir di anak tirikan? :) Apa salah nuklir padamu? Kalo ngomong bahaya, bendungan PLTA yang hancur terkena gempa juga tak kalah bahayanya bagi penduduk sekitar
    3. Silahkan gunakan semua sungai di indonesia plus surya plus lain2nya yang ada sekarang. Pertanyaannya apakah mampu untuk mendukung listrik untuk seluruh indonesia :cool:
    4. Kalo ngomongin bencana alam, jepang lebih sering terkena bencana alam, dan satu2nya negara yg kena bom atom, kalo mau fair, jepang yang harusnya pertama kali menolak PLTN :)
    5. Tidak ada limbah, yang ada hanyalah kebodohan manusia, yang tidak mampu memanfaatkan (Tuhan tidak menciptakan sesuatu sia-sia) . dengan adanya Reaktor FBR, limbah akan masih bisa diolah menjadi energi

  41. nurhalim mengatakan:

    thank ilmunya ya!:-)

  42. sanda mengatakan:

    sanda ikut ngomong
    saya sangat sepaham dengan mas Tedy, karena nuklir di Indonesia sebenarnya sudah banyak digunakan dan dimanfaatkan oleh masyarat, tetapi orang banyak tidak tahu bahwa itu adalah nuklir, contoh : foto rontgen, therapi kanker servix, terapi kelenjar gondok, sterilisai buah ikan dan makanan, nuklir untuk pertanian, nuklir untuk peternakan dan banyak lagi nuklir untuk industri.

  43. pelangi mengatakan:

    masih ada alternatif selain nuklir, misalnya panas bumi .panas bumi merupakan energi terbaharukan, sehingga tdk akan habis, sedangkan nuklir sebaliknya .

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Masukkan alamat email untuk berlangganan Tedy dalam tulisan dan menerima notifikasi via email jika ada tulisan baru

Bergabunglah dengan 778 pengikut lainnya.

Penafian dan Lisensi

Semua konten dalam blog ini adalah murni ekspresi pribadi penulis dan tidak mewakili lembaga atau institusi manapun, dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi penulis.


Semua konten di blog ini telah didaftarkan di bawah lisensi Creative Commons Attribution-Noncommercial-Share Alike 3.0. Lisensi ini memungkinkan anda untuk bebas mengambil, memodifikasi, dan/atau menyebarluaskan seluruh atau sebagian isi artikel untuk keperluan nonkomersial, selama memberikan kredit kepada saya sebagai penulis pertama dengan menyebutkan “Tedy dalam Tulisan” dan “http://kliktedy.wordpress.com” dan mempertahankan lisensi yang sama dengan yang saya pakai.


Creative Commons License Tedy dalam tulisan by Tedy Tri Saputro is licensed under a Creative Commons Attribution-Noncommercial-Share Alike 3.0 Unported License. Based on a work at kliktedy.wordpress.com. Permissions beyond the scope of this license may be available at http://kliktedy.wordpress.com.


Tedy in Tweets

  • Kapan nih ada indonesia tandingan...gak sabar aku .... 16 hours ago
  • Matahari masih ada. Bumi masih berputar. Untuk apa gulana. Jika Tuhan masih mendengar. .... 1 day ago
  • mata kami yang buta, matahari yang kami salahkan. .... 1 day ago
  • Engkau Langit cinta dan aku Bumi rindu, yang sedang terpesona pada apa yang Kau tumbuhkan dalam hatiku. .... 2 days ago
  • Setiap inti atom menari di darat atau di udara Pahami, seperti kita, ia berputar-putar tanpa henti di sana... tmblr.co/Z0kRTv1UEB9bN .... 2 days ago

RSS Blog Nuklir

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Banner

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 778 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: